7 Pesantren Terbaik di Indonesia

Pesantren terbaik di Indonesia adalah pesantren yang terbaik dalam segmennya masing-masing. Kami tidak akan mengulas semua pesantren. Kami mengelompokkan ke dalam tujuh besar kelompok pesantren terbaik, moder, klasik, pendidikan formal, tahfidz Quran, anak kecil, Mahasiswa, dan pesantren gratis terbaik. Berikut sekolahpesantren.id sajikan 7 pesantren terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Modern Terbaik

Pondok pesantren di Indonesia pada awal berdiri adalah pesantren klasik. Bisa dilihat dari pesantren-pesantren yang berdiri di bawah tahun 1800, seperti Sidogiri. Lahirlah sistem baru, pesantren Modern. Pilihan kami untuk pesantren modern terbaik adalah Pesantren Gontor, Ponorogo, 1926.

pesantren terbaik di IndonesiaYang dimaksud pondok pesantren modern adalah kemampuan kombinasi antara kurikulum pesantren dan kurikulum agama dalam satu kurikulum. Biasanya dua kurikulum ini dipisah. Pendidikan formal di dalam kelas, pendidikan pesantren di asrama. Gontor tidak melakukan ini. Semua terintegrasi dalam satu kurikulum di kelas. Adapun asrama adalah pendidikan kepribadian. Fasilitas asrama di Gontor juga didisain untuk tujuan pendidikan. Oleh sebab itu Gontor kami masukkan ke dalam 7 Pesantren Terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Pendidikan Formal Terbaik

Pesantren pendidikan formal adalah pesantren yang memiliki keunggulan di pendidikan formal. Unsur pesantrennya ada, tapi lebih menonjol pada aspek formal. Pilihan kami jatuh kepada pesantren Darul Hikam Mojokerto. Pesantren ini tidak begitu besar, namun prestasinya cukup baik. 2015 meraih penghargaan salah satu yang mendapatkan nilai UN tertinggi.

2017 juara robotik tingkat Asia di Jepang. Prestasi lain tidak kami sebutkan satu persatu.

pesantren terbaik di IndonesiaUntuk pendidikan pesantrennya adalah klasik dengan penekanan pada unsur tahfidz Quran. Setiap santri di pesantren ini memiliki target tahfidz Quran. Minimal satu juz pertahun. Maksimal 8 Juz pertahun. Ada sistem yang mengatur. Metodenya musyafahah bit talqin. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 Pesantren Terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Klasik Terbaik

Pondok pesantren di Indonesia pada dasarnya memiliki sistem pendidikan klasik. Yaitu pesantren yang hanya fokus di pendidikan agama Islam, Quran, dan Hadist. Metode pengajarannya adalah sorogan. Di kelas-kelas biasanya memakai sarung dengan guru yang ada di depan. Untuk pesantren klasik terbaik kami jatuhkan pilihan kepada Sidogiri, Pasuruan dan Langitan, Tuban.

Kami mohon maaf untuk pesantren klasik terbaik tidak bisa memilih salah satu. Masing-masing adalah pesantren klasik terbaik. Sidogiri lahir pada tahun 1745. Sedangkan Langitan pada 1852. Karena mampu melewati beberapa generasi, artinya dua pesantren ini sudah terbukti menjadi yang terbaik. Keduanya juga menjadi sumber banyak pendiri pondok pesantren klasik di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 Pesantren Terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Tahfidz Quran Terbaik

Berbicara pesantren tahfidz Quran, rujukannya adalah kota Kudus. Kota ini dikenal sebagai sumber pendidikan al Quran di Indonesia. Ingin mencari guru Quran, biasanya akan mencari di kota ini. Pilihannya jatuh ke Yanbu’ul Quran.

Pesantren tahfidz Quran di Kudus ini memiliki kualitas cukup baik dalam hal tahfidz Quran. Untuk tahfidz, setiap anak harus melewati tahsin terlebih dahulu. Tidak semata-mata langsung bisa tahfidz seperti umumnya yang ada saat ini. Pesantren yang berdiri pada tahun 1942 ini memiliki 3 lingkup pendidikan al Quran, tahsin, tahfidz, dan qiraah sab’ah, atau tujuh jenis bacaan al Quran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 Pesantren Terbaik di Indonesia.

Baca: Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Indonesia

  1. Pesantren Anak Kecil Terbaik

Pesantren di Indonesia lebih banyak di usia selepas pendidikan sekolah dasar. Sedangkan untuk usia SD tidak banyak yang mampu mengadakan. Tidak hanya sulit secara pendidikan, tapi lebih kepada penanganan yang juga sulit. Kali ini kami jatuhkan pilihan ke pesantren tahfidz Quran Muqaddasah.

Alasannya adalah penanganan kepada anak yang cukup baik. Di pesantren ini anak kecil tidak boleh dijenguk terlebih dahulu agar menyatu dengan pesantren. Setiap anak masih ada yang ngompol, ada yang kotor, guru pendampingnya yang memandikan, yang mengasuh, baju dicucikan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 pesantren terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Mahasiswa Terbaik

Pesantren untuk mahasiswa di Indonesia tidak banyak. Yang banyak adalah kos-kosan yang ada kajian keislamannya. Namun demikian kami jatuhkan pilihan pada salah satu pesantren mahasiswa terbaik. Yaitu pesantren mahasiswa Al Hikam. Setahu kami ada dua, Malang. Satu lagi berada di Depok. Pesantren ini didirikan oleh tokoh nasional nahdlatul ulama, KH. Hasyim Muzadi. Pendidikannya lebih kepada aqidah dan akhlaq. Salah satu kurikulum intinya adalah mengaji kitab Al Hikam. Oleh sebab itu pesantren ini bernama pesantren Al Hikam. Kami pun tidak ragu memasukkannya ke dalam 7 Pesantren terbaik di Indonesia.

  1. Pesantren Gratis Terbaik

Di Indonesia banyak pesantren gratis. Umumnya untuk dhuafa, faqir miskin. Namun kriteria kami adalah pesantren yang memiliki kualitas bagus. Yaitu pondok pesantren Sulaymania. Pesantren ini afiliasi ke Turki. Di Indonesia memiliki kerjasama resmi dengan depag.

Sulaymania adalah pesantren tahfidz Quran gratis dengan seleksi cukup ketat di seluruh Indonesia.

Syaratnya untuk lulusan SD, maksimal 14 tahun. Lulusan SMA maksimal 18 tahun. Sedangkan setiap calon siswa harus bisa membaca Quran, akhlaq karimah, tidak merokok, bersedia melanjutkan pendidikan di Turki apabila mendapatkan beasiswa. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 Pesantren Terbaik di Indonesia.

Inilah 7 pesantren terbaik di Indonesia, semoga bisa menjadi rujukan. Jika ada usulan atau revisi bisa cantumkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *