Kualitas Pesantren Alam Al Hilmu Prigen

Di kecamatan Prigen Pasuruan terdapat satu pesantren yang menurut kami unik. Pesantren alam Al Hilmu. Kalau masuk ke dalam lingkungan, memang benar-benar nuansa alam terasa. Pepohonan lebih dominan daripada gedung.

Pesantren Tanpa Uang Gedung

Pesantren ini didirikan oleh KH. Zainuddin, pada tahun sekitar 2008. Masih muda, kira-kira usianya 35 tahun ketika kami bertemu. Pesantren ini benar-benar berdiri dengan penuh tirakat dan ketekunan karena santrinya tidak dipajaki uang gedung.

Artinya pesantren ini berdiri dengan jerih payah Kyai berperawakan kecil. Tapi gedung-gedung terus tumbuh. Ada yang tiga lantai, ada yang dua lantai. Ada juga yang sengaja dibuat seperti gubuk. Dinding kosong, sehingga angin segar masuk.

Untuk SPP pesantren ini setiap bulan mengenakan beban 500 ribu. Sudah dengan makan tiga kali, sudah dengan spp, sudah dengan ini itu. Sehingga sangat murah sekali. Biayanya hanya itu, tidak ada yang lain. Istimewa. Padahal pesantren ini dalam proses membangun.

Suasana di wilayah ini terkenal nyaman. Sedikit dingin, kalau malam sangat dingin, mungkin 20 derajat celcius. Kalau tahu wilayah Prigen dengan segala keindahan wisatanya, maka pesantren ini menyela di antara mereka.

Namun jangan berpikir gedungnya megah, sangat sederhana. Di tanah kira-kira seluas satu hektar, gedungnya selalu dengan model cor-coran, namun banyak nuansa kayu. Seperti lantai kayu, kemudian dinding juga kayu. Seperti pesantren zaman dahulu.

Ketika tulisan ini dibuat, santrinya berjumlah 50-an. Putra dan putri dari beragam wilayah di Indonesia. Salah satu faktornya tentu kualitas pendidikan.

Kualitas Pendidikan di Pesantren Alam Al Hilmu

Di pesantren ini pendidikan formalnya menggunakan sistem paket. Namun hal ini dilakukan agar pendidikan pesantrennya bisa tertanam kuat.

Kitab turats diajarkan dengan menggunakan metode kajian klasik. Namun pakai bahasa Indonesia. Nah, untuk bahasa Inggris juga sangat bagus. Buktinya, banyak buku kecil karangan santri. Meskipun secara isi nyadur dari sana-sini, kemudian diterjemahkan bahasa Inggris. Untuk ukuran SMP SMA sangat jarang yang bisa demikian.

Oleh sebab itu bahasa Inggris dan Arab di pesantren ini cukup berjalan dengan normal. Bagus.

Sedangkan materinya juga banyak dipadukan dengan materi-materi dari Gontor. Seperti mahfudzot. Yaitu pepatah-pepatah arab yang berisi motivasi-motivasi. Gurunya pun beberapa pengabdian dari Gontor.

Untuk kelas kecamatan Prigen, pesantren ini tergolong besar. Namun pesantren ini masih baru tumbuh dan terus berkembang menjadi salah satu pesantren terbaik di Prigen, bahkan wilayah kota Pasuruan.

Jika ingin menyantri dengan pendidikan agama yang bagus, Al Hilmu bisa menjadi alternatif di daerah Prigen. Jika Anda memiliki banyak harta, saran saya ikut serta dalam pembangunan di pesantren alam tersebut.

Alamat pondok Al Hilmu berada diĀ Genting, Ketanireng, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157.

Google Maps Pesantren Al Hilmu Prigen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *