Pesantren Unggulan Darul Hikam Mojokerto

Pesantren Unggulan Darul Hikam Mojokerto

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto bisa dikatakan sebagai pondok di desa kecil namun memiliki jangkauan internasional. Salah satu program unggulannya adalah studi tour ke Malaysia dan Singapura di masa akhir belajar. Untuk pondok pesantren, hal demikian adalah sesuatu yang sangat wow sekali.

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto pantas menjadi pertimbangan sebagai destinasi utama pendidikan. Meski di pondok pesantren, siswa tetap belajar di jenjang SMP dan SMA di dalam pondok. Kelasnya dihuni di bawah tiga puluh orang, sehingga tercatat sebagai kelas ideal mengikuti konsep pendidikan di jaman sekarang.

Wadah Minat dan Bakat Santri

Yang bagus dari pondok Darul Hikam Mojokerto adalah bagaimana anak dikhususkan pada satu minat tertentu lebih dini. Contoh, bagi yang menginginkan untuk melanjutkan studi di Mesir, siswa akan mendapatkan bimbingan khusus sejak kelas sebelas. Efeknya, mereka jauh lebih siap ketika berangkat ke Mesir.

Hal ini terkondisikan di ekstrakulikuler yang mereka miliki, di antaranya adalah Robotic, dan Bimbingan Olimpiade. Sehingga santri disiapkan betul-betul pada aspek khusus yang menjadi identitas santri itu sendiri. Bahkan salah satu santri Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto sudah pernah menjuarai Robotic Games di Osaka Jepang pada tahun 2017 pada kategori Robot Sumo SC (Junior High School). Juga juara 3 olimpiade sains tingkat nasional pada tahun 2016.

SMP dan SMA di Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto sangat populer dengan sebutan SMP dan SMA Unggulan Harapan Bangsa. Nama ini cukup harum dengan banyak prestasinya. Bahkan di tahun 2015, SMP nya mendapatkan piagam penghargaan dari menteri pendidikan ketika itu, Anies Baswedan, sebagai sekolah dengan integritas penyelenggaraan ujian nasional yang tinggi di tahun 2015 dengan nilai IIUN 85.39. Sehingga pondok ini dikenal sebagai gudangnya siswa berprestasi.

SPP Murah

Gedung Utama Darul Hikam Mojokerto

Bayangan kita kemudian melayang bahwa spp di sekolah pondok pesantren Darul Hikam Mojokerto yang terletak di Jawa Timur ini tentu sangat mahal. Ternyata dugaan itu salah. SPP yang diterapkan hanya 1,5 juta untuk setiap bulan. SPP tersebut tidak memunculkan biaya susulan tak terduga, misalnya untuk tray out, untuk ujian. Semua sudah ditata setiap bulan hanya sebesar 1,5 juta saja.

SPP tersebut terdiri dari tiga hal. Pertama biaya untuk pendidikan, termasuk biasa untuk UNAS. Kedua adalah biaya makan untuk tiga kali sehari selama satu bulan. Kami melihat apa yang dimakan memadai untuk anak pesantren. Dan yang ketiga adalah sebagai tabungan. Inilah keunikannya. Setiap siswa memiliki tabungan yang diwajibkan.

Tabungan yang dilakukan setiap bulan suatu hari digunakan sebagai biaya untuk studi tour ke dua negara tetangga, Singapura, dan Malaysia. Alasannya adalah, studi tour memiliki manfaat untuk membuka wawasan dan melihat masa depan dengan lebih baik. Maka dua negara tetangga menjadi tujuan utamanya. Paspor dan lain sebagainya sudah termasuk di paket tabungan tersebut.

Faktor utama yang membuat pondok Pesantren Darul Hikmah Mojokerto memiliki jangkauan cukup luas adalah pimpinan pondoknya. Pimpinan pondoknya adalah pengusaha di Singapura, sehingga relasi dunia internasional terjalin dengan baik. Faktanya, Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto adalah salah satu undangan dari empat undangan pondok pesantren selain Gontor, yang diundang menghadiri lomba debat bahasa tingkat ASEAN.

Pondok Pesantren Terapi Akhlaq

Ada satu hal yang jarang dilakukan oleh pondok-pondok lain di Indonesia. Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto juga memberikan terapi kepada anak-anak yang memang nakal. Bahkan pimpinan pondoknya membuka diri jika ada orangtua yang memang ingin memperbaiki perilaku anaknya melalui pondok ini.

Cara terapinya adalah, selama beberapa bulan, anak tersebut tidak dimasukkan di pondok utama terlebih dahulu. Namun dititipkan di pondok-pondok sekitar yang memiliki kerjasama disesuaikan dengan tingkat kesulitan sikap yang harus diperbaiki dari anak tersebut. Terapi yang dilakukan salah satunya dengan peningkatan dzikir.

Dzikir yang sudah dikondisikan terutama selepas subuh. Durasinya tidak hanya lima menit, tapi bisa mencapai lebih dari dua puluh menit. Pimpinan pondoknya berkeyakinan dengan cara demikian akan memperbaiki perilaku anak yang bermasalah. Dzikir tersebut dipandu dan didampingi oleh ustad. Ternyata hasilnya memang betul. Beberapa anak berhasil menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Oleh sebab itu salah satu penekanan di pondok pesantren Darul Hikam Mojokerto adalah akhlaq santri salaf. Jawa Timur sangat kental dengan pondok-pondok salaf dengan sopan santun yang tinggi dan adab yang baik kepada teman, guru, dan dua orangtuanya. Begitu juga di Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto ini.

Titik tekan kepada adab sangat diperhatikan. Bagaimana tidak membangkang, bagaimana mematuhi kedua orangtua. Bahkan ketika saya diskusi dengan pimpinan pondoknya, beliau menyampaikan siap menerima santri-santri yang bermasalah, siap menjadi bengkel karakter. Menjadi tempat untuk terapi.

Oleh sebab itu jika menginginkan pondok pesantren dengan prestasi unggul namun menitik beratkan pada akhlaq, maka Darul Hikam Mojokerto adalah pilihan yang sangat tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: