Mipa dan Robotic Club di Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Mipa di Pesantren Darul Hikam

Sesuai dengan visi, misi dan tujuan Pondok Pesantren Darul Hikam yang salah satunya yaitu terwujudnya generasi yang berwawasan global, maka untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi, khususnya di bidang Matematika dan IPA (Fisika, Kimia dan Biologi) dan robotik, dibentuklah ekstrakurikuler bernama Science and Robotic Club di Pesantren Darul Hikam Mojokerto.

Dengan harapan, mampu mendorong minat belajar dan keinginan siswa untuk bersaing dan berprestasi, baik di lingkup lokal maupun nasional serta diharapkan siswa-siswi yang cerdas di bidang MIPA dan robotik dapat dibina dengan baik.

Memadukan Sains dan Agama

Kegiatan dibagi menjadi dua kelas, yakni Science Club dan Robotic Club di Pesantren Darul Hikam. Dalam ekstrakurikuler Science Club akan diberi latihan soal-soal olimpiade oleh guru pembimbing yang berpengalaman. Sedangkan dalam bidang Robotic dibimbing oleh pakar dengan praktik mulai dari kelistrikan sampai merakit robot.

Anggota dari klub ini adalah usulan dari guru pengajar mapel sains yang kemudian diseleksimelalui ujian, lalu bagi yang terseleksi mereka akan mengikuti bimbingan belajar sains secara khusus dengan guru yang profesional di mana mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains dan juga bimbingan Robotic bagi siswa SMA dan Hydroponic bagi siswa SMP.

Di bidang robotik, Pondok Pesantren Darul Hikam telah mengukir prestasi di Osaka Robotic Games 2017 Jepang dan meraih juara pertama di kategori Sumo RC.

belajar robotic di darul hikam mojokerto

Sebagai wujud pengembangan ekstrakurikuler ini, Pondok Pesantren Darul Hikam mengadakan Olimpiade Matematika dan IPA. Lomba atau olimpiade ini merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigm pendidikan yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan.

Kegiatan olimpiade MIPA merupakan salah satu sarana dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar. Olimpiade MIPA juga merupakan ajang untuk mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang MIPA, melatih siswa untuk berkompetisi akademik di bidang MIPA secara sehat dengan sekolah lain, memotivasi siswa untuk belajar MIPA dari berbagai literature asing, mengenalkan beberapa keterampilan yang diharapkan dikuasai siswa sebagai pembelajar MIPA.

Pemikiran inilah yang mendasari diadakannya acara MISO (Mathematic and Science Olympiad) tingkat SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat yang diselenggarakan secara rutin di Pondok Pesantren Darul Hikam agar menjadi wadah bagi generasi muda dalam berkompetisi terkait sains dan ilmu pengetahuan, khususnya MIPA.

Sasaran dari kegiatan ini yaitu SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat. Bagi sekolah jenjang dasar (SD/MI sederajat) yang dilombakan meliputi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk SMP/MTS sederajat bidang yang dilombakan meliputi Matematika, Fisika dan Biologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *