Seleksi Orang Tua di Al Hikmah Batu Malang

Orangtua diminta berdiskusi dengan siswa

Tidak semua boarding school mengadakan seleksi dengan sungguh-sungguh. Mengingat mencari murid tidak mudah. Kadang banyak sekolah tidak bisa menolak siswa. Tapi kami menemukan hal berbeda di Al Hikmah Boarding school Batu. Seleksi di Al Hikmah tetap berjalan dengan baik, padahal biaya tidak murah untuk masuk. Artinya sekolah ini tetap mementingkan kualitas.

Kami akan menuturkan pengalaman diskusi tentang sistem seleksi SMA Al Hikmah Boarding School. Perlu diketahui, Al Hikmah adalah boarding school di jenjang SMA. Dan mencari siswa untuk SMA sulit. Letaknya di Giripurno Batu. Kalau ke lokasi wisata Batu, maka selepas Jatim Park 3, tengoklah ke sisi utara, Anda akan melihat gedung besar di kejauhan, itulah SMA Al Hikmah Boarding Batu.

Mengapa Al Hikmah Melakukan Seleksi?

Al Hikmah memiliki kurikulum yang berbeda. Jika banyak yang mengandalkan kurikulum dari luar negeri seperti Cambridge, atau yang lainnya, Al Hikmah justru menggunakan diknas tapi dengan objek pendidikan yang diolah dengan berbeda.

Selama ini pendidikan selalau Teacher Directed Learning, yang artinya pusat pembelajaran ada di guru. Kemudian ada Student Directed Learning, yang artinya siswa memiliki peranan cukup besar dalam pembelajaran. Tapi Al Hikmah justru menggunakan paradigma 4.0, yaitu Self Directed Learning, artinya pembelajaran kembali kepada kehendak individu yang dibimbing oleh guru.

Menurut kami ini salah satu hal yang baru. Masalahnya, salah satu kebutuhan paling tinggi untuk menerapkan model ini adalah kemandirian yang tinggi, dan kedewasaan yang mumpuni. Di sinilah seleksi sangat dibutuhkan. Untuk mengukur seberapa mampu siswa tersebut jika nantinya melaksanakan pelajaran dengan mandiri. Oleh sebab itu seleksi di Al Hikmah cukup penting.

Seleksi di Al Hikmah Boarding Batu

Untuk materi seleksi akademik yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. Ini muatan mendasar dalam kurikulum pendidikan nasional. Harus memiliki kemampuan dalam batas standard yang sudah ditetapkan.

Seleksi di Al Hikmah selanjutnya adalah aspek pengetahuan Islam. Wujud tesnya adalah kemampuan membaca dan menghafal al Quran. Mengingat di Al Hikmah nantinya akan ada pendidikan intensif dalam aspek Al Quran, maka tes ini memiliki peran cukup penting.

Seleksi di Al Hikmah yang ketiga adalah tes fisik. Ritme pendidikan di Al Hikmah cukup tinggi, dengan durasi waktu kegiatan yang panjang, 3:00 – 21:30. Maka diadakan tes kemantapan fisik, terdisi atas tes kesehatan dan tes kebugaran.

Tes kesehatan dilakukan dengan hasil observasi dari hasil pemeriksaan laboratorium. Harus sehat, tidak ada kelainan fisik, serta terbebas dari narkoba. Dari tes ini kemudian berkembang ke tes kesehatan jasmani dengan cara lari cepat 60 meter, sit-up, pull-up, vertical jump, serta lari 1000 meter.

Suasana seleksi siswa

Tes Psikologi Pemetaan Kemampuan

Mengingat pembelajaran di Al Hikmah Boarding School dilakukan mendukung potensi terbesar siswa, maka yang paling penting adalah mengetahui potensi terbaik siswa. Caranya dengan tes psikologi pemetaan kemampuan. Yang dilihat adalah di mana kemampuan menonjol, dan di mana kemampuan yang kurang.

Yang dilakukan adalah menggali perjalanan hidup dari dulu hingga sekarang. Dari situlah akan diketahui kegemaran siswa pada sesuatu, dan ketidaksukaan siswa pada sesuatu. Dengan demikian, akan diketahui potensi terbaik yang dimiliki oleh siswa.

Selanjutnya didiskusikan dengan siswa itu sendiri sekaligus didiskusikan dengan orang tua. Cara calon siswa menyampaikan, hingga cara menyikapi segala sesuatu akan menunjukkan tingkat kedewasaan, dan tingkat kematangan dalam mengambil keputusan. Inilah hasil yang paling penting dalam proses wawancara di Al Hikmah Boarding School Batu.

Seleksi Orangtua di Boarding School Batu Malang

Yang unik dari seleksi di Al Hikmah adalah porsi seleksi terhadap orang tua juga dilakukan. Porsinya pun cukup besar, tidak hanya wawancara sebentar. Ini yang membuat kami menulis judul seleksi orang tua di Al Hikmah Boarding School.

Karena al Hikmah Boarding School menekankan kepada aspek penggalian passion siswa, maka orang tua digali dalam aspek dinamika keluarga yang menunjukkan proses pendidikan anak selama ini. Pondasi pendidikan di rumah akan menjadi pijakan untuk pendidikan di masa berikatnya.

Maka akan digali pula kesiapan orang tua untuk terpisah dengan anak. Motivasi yang dimilikinya, dan juga alasan terbesar menyekolahkan di sekolah berasrama. Apakah hanya karena tidak ingin repot, atau karena hanya ingin mengikuti tren saja. Semua harus digali dengan maksimal.

Memeriksa Keharmonisan Orangtua

Menurut kami hal yang paling unik dilakukan oleh panitia seleksi di Al Hikmah adalah memeriksa keharmonisan orang tua. Jika dilihat sebagai orang tua yang harmonis, romantis, maka akan diwawancarai dalam satu waktu bersamaan. Karena sudah sepakat.

Namun jika terlihat kurang harmonis, maka akan dilakukan wawancara dalam kesempatan terpisah. Tujuannya, memeriksa kesamaan visi misi antara dua orang tua dalam menyekolahkan anaknya di sekolah yang mirip pesantren ini. Biasanya akan berbeda.

Yang dikhawatirkan adalah, salah satu kegagalan pendidikan di sekolah berasrama adalah faktor orangtua yang ingin dekat dengan anak, minta sekolah yang terdekat dengan rumah. Maka seleksi ini dilakukan untuk menghindari hal tersebut.

Aspek Yang Digali dalam Wawancara Orangtua

Ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan. Pertama adalah unsur religi orang tua. Setiap orang tua akan diminta membaca al Quran. Namun bukan berarti kalau tidak bisa membaca al Quran tidak lulus. Yang dilihat adalah pendataan latar belakang siswa, sehingga sentuhan yang dilakukan oleh Al Hikmah bisa tepat.

Bahkan orang tua juga akan ditanyakan kecenderungan akan satu ormas tertentu. Mengingat Al Hikmah tidak berkiblat pada ormas tertentu, maka hal tersebut perlu pemahanan. Jangan sampai anak yang disalahkan. Al Hikmah berusaha memahamkan benar hal ini kepada orang tua.

Dengan pola pendidikan kemandirian yang tinggi di Al Hikmah Boarding Batu, maka salah satu yang digali adalah pola pengasuhan anak di rumah. Apakah masih manja, apakah sudah mandiri, atau masih emosional. Semua menjadi data yang digali untuk analisa pendidikan siswa.

Bahkan ada satu pertanyaan yang menurut kami menggelitik, yaitu penanganan anak ketika ngambek, marah, atau emosi. Ditanyakan bagaimana biasanya agar anak tersebut mereda. Dari semua ini bisa disimpulkan bentuk pendidikan pra siswa untuk menjadi pijakan percepatan pendidikan.

Komitmen Kerjasama dengan Sekolah

Pendidikan di Al Hikmah menganut konsep segitiga emas. Maksud segitiga emas adalah ketika siswa hanya diberi pembelajaran oleh guru, namun arahnya tidak sama dengan pendidikan yang di rumah, maka pendidikan yang berjalan tidak akan optimal.

Begitu pula sebaliknya. Jika orang tua mendidik anaknya arah lurus, tapi di sekolah mendapatkan penanaman pendidikan berbeda, maka hasilnya akan sangat berbeda. Karena arahnya tidak sama. Maka dikenal istilah segitiga emas pendidikan.

Maksudnya adalah arah pendidikan antara orangtua di rumah, dengan yang ada di sekolah arah dan bentuknya tidak jauh berbeda, bahkan kalau bisa sama. Sehingga anak mendapatkan dua input yang bagus. Oleh sebab itu yang paling dibutuhkan dalam seleksi di Al Hikmah adalah komitmen orangtua untuk mendidik bersama sekolah.

Meskipun orang tua berada di rumah, dan anak tinggal di asrama, tapi orang tua tetap memiliki peranan sangat penting melalui telepon dan komunikasi lainnya. Terutama adalah doa. Sehingga orang tua harus berkomitmen bersama sekolah untuk memajukan pendidikan siswa di boarding school.

Sisi Berbeda dari Al Hikmah

Menurut kami inilah sisi yang berbeda dari Al Hikmah Boarding School Batu Malang. Wawancara dengan orang tua memegang peranan sangat penting sehingga memiliki porsi yang cukup besar. Al Hikmah melakukan ini demi pengetahuan detil kepada siswa. Ini bagus.

Sentuhan kepada siswa pada akhirnya berdasarkan data yang sudah dihimpun. Hal ini menjadikan pendidikan berjalan optimal. Potensi siswa juga akan melejit. Maka passion siswa berkembang dengan optimal. Oleh sebab itu kami merekomendasikan sekolah ini sebagai salah satu yang terbaik untuk dijadikan pilihan destinasi pendidikan.

Siswa Al Hikmah menerima kunjungan tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *