24 Jam di Pesantren Al Khair

Santri Putra di Pesantren Al Khair Ponorogo

Pesantren Al Khair Ponorogo merupakan pesantren modern yang kini tumbuh menjadi salah satu pesantren terbaik dan menjadi pilihan wali murid. Salah satu alasannya adalah statusnya sebagai pesantren modern, juga karena beberapa keunggulan yang sudah kami jelaskan di tulisan sebelumnya.

Kali ini kami akan jelaskan kegiatan 24 jam di pesantren Al Khair Ponorogo. Dimulai dari bangun tidur, hingga tidur kembali. Dari sinilah kita mengetahui keistimewaan dari pesantren tersebut.

Pesantren Al Khair 24 Jam

Kegiatan sehari-hari akan dibuka dengan Qiyamullai, Doa, pagi dan shalat subuh dari pukul 03:15-05:00. Bisa dikatakan ini cukup bagus menjadi satu rangkaian di awal. Kira-kira 30 menit dihabiskan untuk Qiyamullail, adapun selepas subuh berdoa sama-sama, seperti kegiatan nadzaman di pesantren-pesantren salaf. Suara bersama-sama yang dilantunkan indah.

05:00-06:00 santri harus melakukan tahfidz Quran. Tahfidz Quran dilakukan mandiri di sekitar masjid. Ada pembimbing yang sifatnya hanya mengawasi. Mereka biasanya menyebar masing-masing memegang satu Quran.

06:00-06:40 diisi dengan kegiatan bersih-bersih diri dan sarapan. Waktunya sangat sempit, tapi karena santrinya tidak begitu banyak, hal ini bisa dengan lancar dilakukan oleh para santri.

06:45-06:55, ada yang unik di pesantren ini, setiap pagi ada yang namanya apel pagi dan Nasyid As Shobah. Ini adalah semacam nadzam yang didengungkan bersama-sama. Seperti di pesantren salaf yang membaca shalawat setiap pagi.

07:00-10:50, kegiatan belajar mengajar di kelas. Bentuknya mengikuti kurikulum kementrian agama. Di sela-sela jam pelajaran juga ada yang namanya kurikulum pesantren Gontor. Ada motivasi, ada hadist, ada juga nahwu dan sharaf.

10:50-11:45, setiap santri wajib tidur siang. Ini juga unik, di pesantren ini tidur siang justru sebelum dhuhur dengan waktu hampir satu jam. Dengan cara demikian fisik santri kembali segar. Sehingga bisa melakukan kegiatan dengan penuh semangat.

11:45-12:15, dilakukan shalat dhuhur. Di pesantren ini waktu shalatnya difungsikan tetap sesuai dengan waktu yang sesungguhnya. Karena ada beberapa pesantren yang memundurkan sekitar 30 menit untuk menyesuaikan waktu belajar pesantren.

12:20-12:35, ada waktu 15 menit di pesantren ini untuk melakukan kegiatan bernama mudzakarah adab. Yaitu belajar adab-adab dari Rasulullah SAW untuk langsung dipraktikkan. Di sinilah kunci adab santri Al Khair Ponorogo menjadi baik, karena kunci utama nilai santri adalah adabnya.

12:35-12:45, waktunya makan siang. Hanya sepuluh menit disediakan.

13:00-15:30, nah jangan berpikir di pesantren Al Khair Ponorogo pendidikan formal hanya dilakukan empat jam saja. Karena pendidikan masih dilanjutkan selepas dhuhur. Ada waktu sekitar dua jam setengah untuk kembali melaksanakan kegiatan belajar formal. Oleh sebab itu porsi pendidikan formal di pesantren ini cukup pas.

Tahfidz Quran dan Life Skill

Life Skill di Pesantren Al Khair Ponorogo
Life skill di Pesantren Al Khair Ponorogo

15:30-16:00, santri melaksanakan shalat ashar dan melanjutkan kembali tahfidz Quran. Santri melanjutkan hafalan yang dilaksanakan pagi hari dengan mandiri.

16:00-17:00, di waktu ini pesantren Al Khair Ponorogo mengadakan kegiatan ektra kurikuler untuk santrinya. Ada yang silat jujitsu, ada yang rebana, ada juga yang desain grafis dan multimedia. Nanti Anda akan melihat santri sibuk dengan kameranya.

Tidak kalah dalam pengembangan ketrampilan hidup. Santri dibebaskan memilih, ada yang menjahit, tata boga, pertanian dan perkebunan, tidak lupa peternakan seperti budidaya ikan dan lain sebagainya. Karena ada sungai di antara pondok, hal ini cukup bagus dilaksanakan.

17:20-18;00 setiap santri dari pesantren Al Khair Ponorogo melaksanakan muraja’ah hafalan Al Quran. Untuk program ini, santri setoran hafalan. Di sinilah santri akan diuji akan hafalan yang dilaksanakan dari pagi dan siang hari.

18:00-19:00 hebatnya pesantren Al Khair Ponorogo, meski sudah masuk jenjang tahfidz Al Quran, tapi selepas magrib tetap diadakan tahfsin Al Quran. Setelah shalat berjama’ah pada 18:00, setiap santri akan diadakan tahsin Al Quran.

19:00-19:40 adalah waktu untuk melaksanakan shalat dan makan malam.

19:40-20:00 disediakan waktu khusus untuk latihan percakapan bahasa. Meskipun sehari-hari sudah berbahasa Arab dan Inggris, namun setiap santri disediakan waktu khusus yang diawasi untuk berlatih percakapan bahasa Arab dan Inggris. Di sinilah santri mendapatkan bimbingan intensif.

20:00-21:30 diadakan belajar dengan bimbingan dari guru pendamping. Bimbingan ini lebih banyak kepada pelajaran formal.

21:30-03:15 waktu istirahat santri.

Dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan terlihat bahwa pesantren Al Khair Ponorogo begitu dominan dalam pendidikan Al Quran. Mulai dari tahsin Al Quran hingga tahfidz Al Quran yang dilakukan untuk semua santrinya.

Kedua, ada pendidikan ektra kurikuler dan pendidikan life skill yang dibedakan oleh pihak pesantren. Porsi waktu yang diberikan juga cukup. Sehingga bekal tersebut bisa menjadi modal berharga untuk santri di masa depan.

Ketiga, biasanya pesantren memiliki latihan bahasa satu minggu dua kali. Tapi di pesantren Al Khair Ponorogo justru dilakukan setiap hari. Oleh sebab itu hal ini bisa menjadikan santri lebih matang dalam berbahasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *