5 Kriteria Sekolah Unggulan

5 Kriteria Sekolah Unggulan

kriteria sekolah unggulan
Al Hikmah Boarding School Batu

Saat ini bermunculan sekolah-sekolah yang mengatasnamakan diri sebagai sekolah unggulan. Namun demikian sebenarnya ada kriteria sekolah unggulan yang harus dipenuhi. Sehingga sebagai orangtua tidak boleh langsung percaya jika ada sekolah menyebut sebagai sekolah unggulan. Berikut kami sajikan 5 kriteria sekolah unggulan. Kami menyertakan dengan contoh Al Hikmah Boarding School Batu.

  1. Alumni

Ini adalah kriteria sekolah unggulan yang paling utama. Yaitu alumni-alumni sudah teruji berkiprah dan mengambil peran di kancah nasional maupun internasional. Umumnya aspek ini paling sulit dipenuhi oleh pihak sekolah. Karena dengan kriteria sekolah unggulan pertama ini berarti proses yang ada di sekolah mampu mengantarkan siswa mengambil peran di masyarakat selepas sekolah. Jika mencontoh pada al Hikmah adalah peran Djarot Dimas, alumni angkatan enam SMA al Hikmah yang sudah menjadi diplomat muda dan berbicara di depan sidang umum PBB.

  1. Prestasi

Kriteria sekolah unggulan kedua adalah prestasi. Prestasi bisa berarti prestasi siswa, guru, atau pun sekolah. Tinggal dilihat tingkat kecamatan, kabupaten, atau provinsi prestasi yang diraih oleh sekolah itu. Jika kecamatan, berarti sekolah itu terbaik di tingkat kecamatan. Jika nasional berarti sekolah itu terbaik di tingkat nasional.

Sekolah Al Hikmah dalam persoalan ini bisa dikatakan memiliki prestasi hingga internasional. Siswanya meraih the most favorite dalam 4th International Exhibition for Young Inventors. Pada perlombaan ini diwakili oleh Wira Dibya Ratnao Pama

  1. Guru

Bahan bakar sekolah adalah guru. Oleh sebab itu kriteria sekolah unggulan selanjutnya adalah kualitas gurunya. Bisa dilihat dari prestasi guru, atau universitas yang dulu menaungi pendidikan guru itu. Bisa dilihat pula bagaimana guru fokus mengajar di sekolah. Jika hanya sampingan, bisa dipastikan sekolah itu prestasinya juga biasa saja. Sekolah al Hikmah Boarding School dalam hal ini terkenal dengan guru berpresatasi seperti meraih Best 5 di  Mathematic’s International Teacher Course pada SEAMEO – QITEP in Mathematics di tahun 2016.

  1. Kurikulum

Kurikulum adalah kriteria sekolah unggulan yang selanjutnya. Kurikulum setiap sekolah sangat berbeda-beda, dari kurikulum ini bisa kelihatan bagaimana hasil alumninya. Kalau mencontoh sekolah Boarding School Al Hikmah Batu, bisa terlihat bahwa kurikulumnya mengantarkan siswa mampu belajar secara mandiri dan siap menghadapi kecepatan perubahan yang ada di masa yang akan datang.

  1. Fasilitas

Kriteria sekolah unggulan yang terakhir adalah fasilitas. Umumnya, sekolah sering menyebut sebagai sekolah unggulan karena unsur fasilitasnya. Padahal ini hanya faktor terakhir saja. Karena fasilitas mewah tidak ada guru, kegiatan belajar mengajar tidak bisa berlangsung. Dalam persoalan ini al Hikmah Boarding School sudah pengalaman menghadirkan fasilitas modern semacam perpustakaan, laboratorium, ruang pembinaan akhlaq, kolam renang, lapangan sepakbola, ruang seni, olah raga indoor, dengan standar nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: