9 Kelebihan Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

9 Kelebihan Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

pondok tahfidz di mojokertoAda beberapa pesantren tahfidz quran putri di Indonesia, namun demikian kali ini kami akan mengulas kelebihan pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto. Pesantren tahfidz Quran ini terletak di dusun Tegalsari Desa Puri Kecamatan Puri Mojokerto. Atau jika Anda mengenal wilayah wisata Pacet, maka akan melewati kecamatan puri Mojokerto. Kali ini yang ingin kami bahas adalah 9 kelebihan pesantren tahfidz Quran Darul Hikam yang terletak di Jawa Timur.

  1. Tahfidz Quran Khusus Putri

Banyak pondok pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur untuk putra dan putri, namun dalam penelitian kami pesantren tahfidz khusus putri tidak mudah ditemukan. Pesantren Darul Hikam Mojokerto fokus pada tahfidz Quran untuk santriwati. Filosofinya, jika banyak perempuan hafidz Quran, maka akan menghasilkan anak-anak generasi Islami penerus bangsa. Wilayah khusus putri, demikian suasana yang ada di pondok dengan latar belakang pemandangan alam Mojokerto.

  1. Metode Talaqqi atau Musyafahah bit Talqin

Metode yang digunakan di pesantren ini dinamakan excellent tahfidzul Qur’an yang biasa digunakan di Malaysia oleh pendiri pondok pesantren ini. Yang unik dari metode ini adalah talaqqi. Sederhananya, Rasulullah dulu buta huruf namun mampu menghafal Quran, caranya ditalaqqi oleh malaikat Jibril, malaikat mengulang-ulang dan Rasul mengikutinya, sehingga hafal dan melekat. Begitu juga dengan metode tahfidz Quran yang ada di pesantren ini. Oleh sebab itu menurut kami pesantren ini salah satu Pesantren Tahfidz terbaik di Wilayah Mojokerto.

  1. Didirikan oleh Pakar Tahfidz

Nama KH. Masruhan Choteb tidaklah begitu akrab di Indonesia. Namun di negara serumpun semacam Malaysia, Brunei, dan Singapura, nama beliau cukup dikenal sebagai pakar tahfidz. Karena cinta tanah air, beliau mendirikan pondok pesantren tahfidzul Quran Darul Hikam Mojokerto. Sudah menulis lebih dari enam puluh buku, salah satu yang terbit dan dicetak berulang-ulang adalah “Kaedah Mudah dan Cepat Menghafal Al Qur’an”. Buku ini dijadikan rujukan oleh beberapa institusi tahfidz Al Qur’an di Malaysia, Brunai, dan Singapura.

  1. Tahfidz Bersanad

Saat sekarang banyak orang yang melakukan tahfidz sendirian, tanpa ada guru, salah dan benarnya tanpa ada yang mengoreksi, oleh sebab itu tahfidz bersanad menjadi sangat penting di era sekarang, agar tidak ada kesalahan, harus ada gurunya.

Pimpinan pondok Darul Hikam Mojokerto, KH. Masruhan Choteb, adalah cucu kelima dari Kh. Ahmad Sholeh pondok Langitan, guru para kyai seperti KH. Hasyim Asyari, Syaikh Khalil Bangkalan. Beberapa pondok pesantren di tanah air sudah disinggahi untuk belajar. Untuk tahfidznya diselesaikan selama delapan bulan di bawah asuhan KH. Hisyam Ihsan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Nganjuk. Sedangkan Kyai Hisyam adalah sanad yang ke 46, dari KH. Muhammad Said Sampang sanad ke 37 dan terakhir mendapat sanad ke 34 dari Syeikh Hilmi Mesir.

  1. Berijazah Kemendikbud

Biasanya ada kekhawatiran jika anaknya mengikuti program tahfidz, maka pendidikan umumnya akan ketinggalan. Tapi di Pesantren Tahfidz Darul Hikam ini santrinya tetap mendapatkan ijazah kemendikbud, bahkan pesantren Darul Hikam dikenal sebagai pesantren penuh prestasi, salah satu siswinya berprestasi juara robotic di Jepang. Oleh sebab itu pendidikan umum juga menjadi prioritas di pesantren yang kami anggap juga sebagai pondok pesantren tahfidz putri terbaik di Jawa Timur.

  1. Syahadah Tahfidz al Quran

Setiap siswa nantinya akan mendapatkan ijazah tahfidzul Quran yang dikeluarkan oleh pondok pesantren. Di Pesantren Tahfidz Darul Hikam Mojokerto ini jika sesuai mengikuti metode, durasi untuk menghafal al Qur’an selama 4,5 tahun. Namun bisa jadi lebih cepat sesuai dengan kemampuan setiap anak. Terlebih pendampingan dari guru cukup intensif karena tinggal dalam satu lingkup wilayah. Bahkan memungkinkan untuk kurang dari satu tahun seperti KH. Masruhan Choteb.

  1. Pembinaan Potensi Akademik

Kelebihan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Hikam Mojokerto selanjutnya adalah pembinaan potensi akademik yang sudah mulai diarahkan pada tahun ke 5, atau pada kelas dua aliyah. Sehingga pendampingan berjalan dengan intensif. Jika ingin ke Mesir, sudah diadakan pendampingan khusus dalam bahasa arab. Jika ingin ke Eropa, akan ada pendampingan khusus bahasa inggris. Guru pun disediakan khusus. Sehingga menghasilkan siswa yang hafidz dan berpotensi menjadi teladan di masa yang akan datang.

8. Fasilitas Istimewa

Kalau melihat fasilitas, bisa dikatakan Pondok Pesantren Tahfidz Darul Hikam Mojokerto memiliki fasilitas istimewa untuk ukuran pondok pesantren. Meskipun satu kamar diisi sekitar sepuluh orang, namun kamarnya luas dengan ranjang bertingkat dan setiap kamar disediakan pendingin ruangan (AC). Kamar mandi pun cukup memadai tidak harus banyak antri. Rasionya 1 kamar mandi untuk 4 orang.

Ini beberapa kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Semoga menjadi manfaat bagi yang membutuhkan informasi pondok pesantren tahfidz, khususnya pondok pesantren tahfidz putri di Mojokerto.

2 thoughts on “9 Kelebihan Pesantren Tahfidz Quran Darul Hikam

  1. Mohon informasinya …
    Apakah boleh anak didik yang ingin menuntut ilmu di pesantren tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto wanita di atas usia 25 tahun?
    Mohon ulasannya …
    Terimakasih salam kenal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: