Kenyamanan Asrama Cottage Al Hikmah Boarding School Batu

Rabu, 28 Maret, saya diberi kesempatan mengunjungi salah satu SMA Asrama Terbaik di Indonesia, yaitu Al Hikmah Boarding School Batu. Sekolah asrama untuk jenjang SMA ini terletak di kawasan wisata Batu, Jl. Giripurno, 145. Kawasan ini tergolong dataran cukup tinggi, hampir 30 menit saya habiskan waktu dari Singosari.

SMA Asrama ini terletak di antara pemukiman warga, namun ketika melihat tanah di atasnya, pemukiman warga sudah jarang. Bahkan tampak dari jauh justru landscape pegunungan. Gedung utamanya dari jauh tampak kokoh, menghadap ke asrama siswa. Di atas tanah seluas 15 hektar, al Hikmah Boarding School adalah sekolah asrama yang cukup baik. Apalagi jika melihat rekam jejak SMA Al Hikmah yang ada di Surabaya.

Saya mengatakan bahwa Al Hikmah Boarding School Batu adalah salah satu SMA asrama terbaik karena konsep asramanya berbeda dengan asrama-asrama yang ada pada umumnya. Al Hikmah Boarding School Batu tidak menganut asrama yang gedungnya memanjang berkamar-kamar, tapi justru dengan model cottage. Mirip dengan villa, beberapa rumah kecil sederhana, terpisah-pisah dengan jarak sekitar 2-3 meter.

Oleh sebab itu konsep asrma Al Hikmah Boarding School adalah membentuk keluarga dalam satu rumah. Apalagi jumlah siswa yang tinggal di dalam rumah tidak banyak. Setiap kamar ada empat anak, setiap lantai ada tiga atau empat kamar, jumlah total dari dua lantai adalah 28 anak. Kuantitas yang kecil inilah selanjutnya mempermudah menyatukan emosi dalam satu rumah.

Bentuk asramanya cukup representatif sebagai tempat tinggal siswa. Cottage berbentuk persegi empat. Masuk ke dalam cottage langsung tersedia banyak pintu kamar. Ukuran kamar sekitar 3 x 4 meter. Di setiap kamar terdapat dua ranjang susun besi, dengan dilengkapi beberapa almari.

Untuk kamar mandinya tergolong sekelas hotel. Shower dengan air sejuk khas Malang. Kemudian kloset duduk dan tidak begitu sempit. Anda benar-benar serasa di rumah sendiri ketika tinggal di cottage al Hikmah Boarding School. Bahkan untuk mencuci disediakan ruangan privat di belakang rumah yang tertutup dengan atap kaca.

Di setiap cottage ada dua pembina, pendamping, atau musyrif. Inilah yang selanjutnya berfungsi sebagai orangtua dari semua siswa. Mereka yang memantau perkembangan akademik, sekaligus memantau perkembangan akhlaq siswa dan mencatatat siapa saja kiranya harus diberikan pendampingan khusus.

Tidak terlewat dalam catatan kami bahwa al Hikmah adalah sekolah yang berpengalaman dalam mendidik siswa, yang dimasukkan dalam al Hikmah Boarding School adalah guru-guru yang penuh pengalaman selama puluhan tahun. Prestasi al Hikmah sebagai sekolah rujukan selama 2016-2017 yang ditunjuk oleh diknas sudah cukup menggambarkan betapa istimewa Al hikmah dalam menangani siswanya.

Hal ini pula yang memungkinkan al Hikmah Boarding School bisa mengoperasikan visi melahirkan anak yang mampu menekuni passion dalam hidupnya. Jika dirasa pendamping yang di asrama kurang, maka ada pendamping lain, terutama di luar kelas, dan di kegiatan-kegiatan ekstra kulikuler. Seperti penelitian dan lain-lain.

Dalam catatan saya ada 10 cottage dengan bentuk yang sama, dan tata letak ruangan yang sama. Karena awalnya sebagai tempat wisata, maka Anda serasa seperti berwisata berada di asrama al Hikmah boarding School.

Air di sini cukup dingin, meskipun udara ketika matahari di puncak berada pada 25 derajat celcius. Namun ketika masuk di cottage,  tetap terasa cukup segar, meski tanpa pendingin ruangan. Apalagi kalau sudah datang waktu sore, suasana sejuk benar-benar terasa. Udara terendah bisa mencapai 19 derajat celcius. Hal ini mengingat al Hikmah Boarding School berada di ketinggian 900 mdpl.

Oleh sebab itu kami merekomendasikan ini menjadi salah satu SMA Asrama Terbaik di Indonesia. Dengan nuansa cottage yang sempurna, berada di asramah AL Hikmah Boarding School seperti membangun keluarga baru di tengah-tengah lingkungan besar al Hikmah.

 

2 Replies to “Kenyamanan Asrama Cottage Al Hikmah Boarding School Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *