Daftar Pesantren di Ponorogo | Pilihan

pesantren terbaik di IndonesiaDaftar Pesantren di Ponorogo

Daftar Pesantren di Ponorogo sangat banyak, bisa dikatakan tidak kalah dengan kota Jombang atau kota-kota pesantren di Indonesia. Hanya saja Ponorogo terlanjur dikenal sebagai kota reog, sehingga dalam image yang dikenal bahwa Ponorogo sebagai kota pesantren menjadi redup.

Namun demikian terhitung lebih dari dua puluh pesantren di Ponorogo dari mulai yang kecil hingga pesantren cukup besar seperti Gontor. Kami akan memberikan sedikit gambaran beberapa pesantren di Ponorogo yang bisa menjadi pilihan. Tentu pilihan kami subjektif, namun setidaknya bisa dijadikan bahan pertimbangan destinasi pendidikan buah hati.

Pesantren Gontor, Mlarak

Siapa yang tidak mengenal pesantren Gontor. Nama pesantren ini sudah terlanjur mashur sebagai salah satu pesantren besar di Indonesia. Gontor membawa kiblat tersendiri, yaitu sebagai pesantren modern dengan basis kurikulum mandiri.

Gontor juga dikenal karena alumninya sudah berkiprah di masyarakat luas. Dari politikus hingga penulis, dari musikus, hingga sutradara, dari Kyai hingga ulama. Lengkap. Sehingga pesantren ini benar-benar diburu sebagai destinasi pendidikan santri.

Namun di pesantren ini disiplinnya sangat tinggi. Sehingga tidak jarang banyak santri yang ingin pulang. Oleh sebab itu ada yang mengatakan masuk Gontor mudah, yang sudah adalah bisa bertahan di pondok yang berdiri pada 1986. Oleh karena itu Gontor tidak bisa disingkirkan dari Daftar pesantren di Ponorogo.

Pesantren Al Khair, Jenangan

daftar pesantren di ponorogo
Santri Putra di Pesantren Al Khair Ponorogo

Pesantren Al Khair mulai dikenal sebagai pesantren yang memiliki banyak prestasi dalam kaitannya dengan bahasa. Jika ada lomba pidato, seringkali pesantren ini yang menang. Lomba bahasa Inggris, pesantren ini juga menang. Oleh sebab itu pesantren ini sesekali menjadi rujukan pembelajaran bahasa bagi santri.

Pesantren ini untuk putra dan putri yang terpisah beberapa kilo meter. Menggunakan kurikulum kemenag, plus Gontor, juga diwarnai pembinaan moral dengan praktik, ditambah lagi dengan tahfidz Quran, juga tahsin Al Quran rutin menggunakan metode UMMI, pesantren ini perlahan-lahan berkembang menjadi pesantren terbaik.

Bahkan beberapa alumninya sudah berkiprah di Eropa, Cina, dan Pakistan. Uniknya, di pesantren ini ada ekstra kurikuler desain grafis dan multimedia. Coba saja Anda cari nama pesantren Al Khair, pasti yang ditemukan adalah Youtubenya. Maka kami cantumkan dalam daftar pesantren di Ponorogo yang pilihan.

Info lengkap pesantren Al Khair di ustadz Nawwab 0852-3660-6306

Pesantren Al Muqaddasah

Pesantren Muqaddasah adalah pesantren khusus tahfidz Quran. Dijamin kalau Anda ke pesantren ini akan trenyuh, karena santrinya kecil-kecil. Mereka dididik untuk bisa menghafal dengan cukup istimewa. Yang punya anak, harus tega.

Hafalan Quran di pesantren ini sangat ketat. Ketat. Bahkan meski yang nyantri banyak, tapi kalau bicara yang bisa mendapatkan ijazah tahfidz Al Quran dari pesantren ini tidaklah banyak, harus diuji publik dan lain sebagainya.

Karena pesantren ini diasuh oleh KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan pesantren Gontor, maka pesantren ini memiliki mekanisme keseharian seperti di Gontor.

Pesantren Al Iman Babadan

Pesantren Al Iman sebenarnya ada yang laki-laki ada juga yang perempuan. Tapi entah kenapa pesantren ini justru yang lebih berkembang yang perempuan. Bisa jadi karena tempatnya strategis di pinggir jalan dari arah Madiun Ponorogo.

Pesantren Al Iman bisa dikatakan mirip modelnya dengan pesantren modern. Pesantren ini juga dikenal karena marching band nya sering tampil di beberapa tempat. Oleh sebab itu pesantren ini patut menjadi pertimbangan.

Pesantren Al Mawaddah

Kalau pesantren Gontor yang di ponorogo khusus putra, pesantren Al Mawaddah sebaliknya, ini adalah pesantren khusus putri bahkan tidak memiliki pesantren putra. Pesantren ini juga diasuh oleh KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Gontor.

Kelebihan pesantren ini yang utama tentu aspek keputriannya tersebut. Karena pesantren khusus putri akan menjaga mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan selama di pesantren. Sehingga kami masukkan ke dalam daftar pesantren di Ponorogo pilihan.

Kalau bicara model pendidikan, pesantren ini mirip dengan Gontor. Hanya saja konon aspek keputriannya lebih kental. Kalau Gontor dididik menjadi pemimpin, kalau Al Mawaddah diciptakan menjadi pendamping pemimpin. Ea…

Pesantren Darul Huda

Pesantren Darul Huda letaknya dekat dengan kota. Pesantren ini berbeda dengan yang lainnya. Pesantren ini lebih tepat disebut pesantren salaf, namun menggunakan sistem lebih baru. Artinya mengaji kitab menjadi salah satu rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan.

Nah, uniknya di pesantren ini adalah disamping ada yang berasrama, ada juga yang pulang pergi. Orang sering menyebut santri kalong. Kalau malam tidur di rumah. Bisa dikatakan kalau ingin lebih banyak mengaji kitab, Darul Huda adalah pilihan di Ponorogo. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam Daftar Pesantren di Ponorogo.

Pesantren Walisongo Ngabar

Pesantren yang satu ini adalah pesantren yang dekat dengan Gontor baik secara geografis atau pun psikologis. Pesantren ini pun banyak terinspirasi dari Gontor. Namun demikian tentu banyak pula perbedaan yang menjadi identitas. Di antaranya adalah kurikulum yang lebih mengakomodir pendidikan formal. Juga pesantren putra dan putri yang berdekatan, hanya dibedakan jalan raya saja.

Inilah Daftar pesantren di Ponorogo yang bisa menjadi pilihan pendidikan untuk masa depan anak-anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *