Kesuksesan Belajar Daring Al Hikmah Boarding School Batu

Belajar daring mungkin baru populer akhir-akhir ini sejak pemerintah menerapkan wacana #dirumahaja. Dengan diliburkannya sekolah-sekolah, praktis pembelajaran dilakukan di rumah. 

Koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan utama untuk memfasilitasi edisi belajar di rumah kali ini. Namun, apakah belajar dirumah via daring akan dapat seefektif belajar di sekolah? 

Al Hikmah Boarding School Batu sudah memulai aktifitas belajar via daring ini, bahkan sejak dua tahun yang lalu. Inilah yang membuat Al Hikmah merasa lebih siap melakukan pembelajaran di rumah selama masa karantina oleh pemerintah. 

Kelebihan Pembelajaran Daring di Al Hikmah Boarding Batu

Menilik sejarah mengapa Al Hikmah Batu justru telah mencanangkan belajar via daring sejak dua tahun yang lalu. Lembaga pendidikan setara SMP dan SMA ini cukup menyadari tentang pentingnya teknologi kedepannya, entah dalam pembelajaran atau dalam kehidupan nantinya. Maka, program LCMS pun dirancang untuk mensinergikan antara pelajaran dan teknologi. 

Sejak pelaksanaannya dua tahun lalu, LCMS memiliki beberapa kelebihan yang tidak banyak dimiliki oleh konsep pendidikan lainnya. Siswa memang dituntut untuk bertanggung jawab secara penuh kepada tugas dan kewajibanya. Mereka memiliki hak penuh untuk mengatur proses belajar mereka sendiri. 

Apakah seluruh siswa wajib mengambil kelasnya? Tentu saja, setiap siswa bertanggung jawab untuk memilih kelas dan juga mata pelajaran yang ada. Namun yang berbeda, para siswa memiliki hak untuk mendapatkan kelas sesuai dengan yang mereka inginkan. 

Indikator Kesuksesan Belajar Daring Al Hikmah Batu

Indikator kesuksesan dari program ini tentu kebahagiaan anak dalam belajar. Mereka tidak terkungkung dalam pola belajar yang membosankan. Hal ini diamini oleh para siswa dengan peningkatan nilai yang cukup signifikan. 

Secara grafik, memang nilai akademis siswa bertambah baik. Sementara itu, bagi siswa yang memiliki kekurangan di bidang akademik pun mampu menyelesaikan tugas dan ujian hingga mencapai standar nilai KKM. 

Indikator kesuksesan lainnya adalah bertambahnya kecintaan siswa terhadap buku. Di asrama, siswa memiliki koleksi buku sendiri, hal ini karena, sebelum memulai kelas via daring, para siswa diharuskan untuk menguasai tema yang ada. 

Kurikulum pendidikan
Kreatifitas siswa Al Hikmah Boarding Batu dalam menyusun rencana pembelajaran

Tentu selain memanfaatkan mesin pencari seperti google dan youtube, siswa juga memiliki referensi berupa bacaan pribadi. Buku yang dibaca tak hanya buku non fiksi ya, bahkan buku-buku fiksi seperti novel pun juga dilahap oleh siswa. 

Selain menambah pengetahuan, banyak membaca buku juga meningkatkan daya nalar dan daya kritis, selain itu juga mampu memperhalus perasaan pembacanya. 

Siswa Al Hikmah Boarding Batu Anti Gaptek

Dengan adanya program LCMS ini, para siswa mau tidak mau harus menguasai teknologi. Istilah gaptek mungkin tidak berlaku bagi siswa-siswa Al Hikmah Batu, bila tidak menguasai teknologi terutama internet, dapat dipastikan siswa tersebut akan tertinggal dari teman-temannya. 

Memang, dari segi pendanaan tentu belajar via daring membutuhkan dana yang sedikit lebih mahal daripada belajar secara konvensional. Namun nantinya, hasil yang didapat tidak akan mengkhianati usaha. Kemajuan teknologi yang dipelajari sekarang akan sangat membantu siswa dalam bersaing dengan orang lain di kemudian hari. 

Indikator kesuksesan selanjutnya dari belajar via daring ini adalah kemampuan analisa siswa yang meningkat. Sebelum mengikuti pembelajaran, siswa diharuskan untuk membaca atau menulis materi terlebih dahulu. Pada akhirnya, hal ini membuat mereka banyak bertanya tentang hal yang tidak mereka mengerti sebelumnya. 

Diskusi pun menjadi hidup sekalipun seringkali hampir melewati batas tema. Inilah yang dimaksud dengan peningkatan analisa siswa. Tak jarang, siswa-siswa malu bertanya atau bahkan enggan bertanya saat berada di sekolah. 

Dengan metode belajar via daring ini, banyak siswa yang tidak merasa malu mengungkapkan analisa dan pertanyaannya, selain karena kesiapan materi, mungkin juga mereka tidak merasa malu karena tidak saling bertatap muka secara langsung. 

Diakui bahwa sistem belajar LCSM via daring ini memiliki banyak kelebihan sehingga ketika hadir wabah Covid-19, suasana belajar siswa Al Hikmah baik di sekolah atau di rumah terasa sama dengan kualitas yang meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *