Peta Alumni SMA Al Hikmah Surabaya

Untuk melihat kualitas sekolah secara praktis, cukup melihat dari sebaran alumninya. Jika banyak yang berada di luar negeri, kualitas bahasanya tidak diragukan. Jika banyak yang masuk perguruan tinggi negeri ternama, kualitas pendidikan akademiknya luar biasa. Jika banyak yang menjadi pemimpin di organisasi, maka berarti kualitas pendidikan kedisiplinannya patut dipercayai.

Peta alumni SMA Al Hikmah yang pertama adalah yang melanjutkan di luar negeri. Saya kebetulan mendapatkan data dari internal pada tahun 2016-2017, bahwa alumni SMA Al Hikmah 6-8 persennya setiap tahun melanjutkan di luar negeri. Atau jumlahnya sekitar 14 hingga 16 orang. Dari angka ini petanya adalah 70% di antaranya di Eropa dan Australia. Sedangkan 30% nya adalah di Asia. Sedangkan negara Favoritnya ternyata Jerman.

Sedangkan jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri berjumlah 58-60 persen. Dari data tersebut Unair menjadi favorit, dilanjutkan dengan ITS, ITB, UI, UGM dan lain-lain. Jika melihat ini berarti alumni dari SMA Al Hikmah memiliki kemampuan menembus perguruan tinggi negeri. Dengan kata lain secara kemampuan akademik cukup bagus. Apalagi lebih dari separuhnya masuk di perguruan tinggi negeri.

Sedangkan masalah jurusan, ternyata merata, tidak ada yang fokus masuk di satu jurusan tertentu dengan jumlah banyak. Hanya saja yang kami lihat, ternyata di jurusan teknik memiliki porsi yang cukup banyak, seperti Teknik Informatika, Sipil, Fisika, Kimia, Kelautan, dll. Sedangkan kedokteran juga ada namun tidak dominan.

Adapun perguruan tinggi swasta ternyata memiliki porsi yang cukup kecil, hanya sekitar 20% lainnya. Atau dalam porsi yang menurut kami cukup kecil. Sehingga jika melihat peta ini, bisa dikatakan bahwa kemampuan akademik SMA Al Hikmah dalam skala nasional sudah diakui.

Jika melihat peta ini, saya memahami bahwa ada proses yang cukup baik yang berjalan di SMA Al Hikmah. Mengapa saya katakan baik, karena masuk SMA Al Hikmah rasionya tidak sampai 1:3, maksudnya yang diterima 100 yang mendaftar 300, namun setahu kami lebih rendah dari itu. Artinya dengan demikian siswa yang masuk memiliki kualitas standar, saringannya tidak begitu ketat. Tapi nyatanya mereka diterima di perguruan-perguruan tinggi ternama. Artinya proses yang berjalan di SMA Al Hikmah berjalan dengan cukup baik.

2 Replies to “Peta Alumni SMA Al Hikmah Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *