Program Unik di SMP Boarding Batu | Mastery Learning

SMP Boarding Batu | SMP Al Hikmah Boarding School

Program unik di SMP Boarding Batu – Lembaga pendidikan Al Hikmah Batu menyadari betul tentang pentingnya menancapkan pondasi pendidikan yang kuat pada siswa. 

Inisasi program mastery learning bagi siswa SMP Boarding di Batu disadari sebagai salah satu langkah terbaik yang dapat dilakukan. Metode ini cukup unik karena belum banyak sekolah yang menerapkan, bahkan mungkin bisa dikatakan, Al Hikmah Batu adalah satu-satunya sekolah di Indonesia yang berani menerapkan metode berbeda ini. 

Fokus Program SMP Boarding Batu

Fokus dari Al Hikmah Batu adalah kemampuan akademik siswa-siswanya. Pendidikan agama dan menghafal Al Quran juga ditekankan, namun pihak sekolah tidak mentarget siswa untuk hafal seluruhnya. 

Al Hikmah Batu membuat target pendidikan agama yang menyenangkan dan tidak memberatkan bagi para siswa. Hafalan Al Quran dipatok sebanyak 3 juz dalam tiga tahun, pendidikan agama yang lain ditekankan pada kebiasaan baik dan perilaku yang luhur. 

Sebelum kita membahas kembali tentang program mastery learning, ada hal unik dalam penanaman perilaku luhur di Al Hikmah Batu. Sejak awal kedatangan siswa, mereka sudah dipersaudarakan satu sama lain. 

Jika di sekolah, kita hanya mengenal istilah kawan atau sahabat, maka di Al Hikmah, beda antara teman dan saudara. 

Meniru konsep kaum muhajirin dan anshar, sebelum siswa masuk, pihak sekolah sudah mempelajari karakter yang didapat dari hasil tes kepribadian. Setelah itu para siswa dipersaudarakan sehingga bila terdapat kesulitan dan membutuhkan bantuan, para saudara seiman ini akan berusaha saling membantu. 

Siswa-siswa yang telah dipersaudarakan ini tidak hanya saling bantu dalam keseharian, namun juga dalam memahami pelajaran. Pembelajaran metode mastery learning yang fokus pada tiga pelajaran, IPA, IPS dan Matematika tentu membutuhkan pemahaman yang kuat. 

Acuan keberhasilan program ini bukanlah UTS atau UAS, melainkan uji kompetensi. Inilah yang membuat seringkali kerjasama tim sangat dibutuhkan. 

SMP Al Hikmah Boarding Batu

Profil Program Mastery Learning di SMP Boarding Batu

Program mastery learning sendiri mengharuskan siswa untuk menguasai tema atau topik yang ada berdasarkan kemerdekaan belajar dia. Nah, lalu apa yang dimaksud kemerdekaan belajar dalam mastery learning? 

Dalam 80 menit pembelajaran, pada 10 menit awal, guru akan memberikan motivasi dan menanyakan target belajar hari ini yang telah disusun para siswa. Mereka bebas menentukan hendak belajar tema apa, asal cukup sesuai dengan modul dan tidak loncat sangat jauh dari tema terdekat yang mereka pelajari. 

Cara belajar dalam program mastery learning juga bermacam-macam, siswa diperkenankan untuk belajar secara individual atau kelompok. Guru bertugas untuk mengawasi dan memberikan pemahaman lebih pada siswa terkait tema yang diambil. 

Setelah itu, dalam 15 menit terakhir sebelum pembelajaran usai, guru mengajak seluruh siswa untuk melakukan refleksi tentang target mereka masing-masing. 

Kriteria kompetensi dasar yang dibangun tentu diikuti dengan indikator-indikator yang secara urut harus dilakukan siswa. Saat memilih tema yang akan dikuasai, siswa perlu mengetahui terlebih dahulu, apa yang akan ia pelajari. Setelah tahap mengetahui, siswa perlu memahami tema yang ia ambil untuk kemudian diaplikasikan sesuai dengan cara belajar siswa. 

Setelah dilakukan dalam praktek, siswa akan menganalisa dan mengevaluasi hasil aplikasinya, apakah sudah benar atau perlu untuk disempurnakan. Tahap terakhir adalah mengkreasi dan membuat pemahaman secara utuh untuk tema yang sudah siswa pelajari. 

Kesemua langkah ini harus dipastikan urut, guru tetap memantau pembelajaran seklaipun siswa menentukan pilihan belajar mereka. Setelah menguasai satu tema, siswa akan mengikuti ujian kompetensi. 

Jadi, ujian dilaksanakan ketika siswa benar-benar sudah siap, bukan dengan penjadwalan UTS atau UAS yang memaksa siswa harus faham dan hafal materi sebelum tanggal yang ditentukan. 

Mentoring bagi Siswa SMP Boarding Batu

Mentoring siswa selama 24 jam adalah hal lumrah di Al Hikmah Batu. Guru benar-benar tahu, siswa A sudah sampai di topik apa, siswa B di topik yang mana. Jika terdapat anak yang tidak maju-maju dalam pembelajaran, guru akan menambah jam belajar diluar kelas. 

Hal inilah yang diharapkan dapat memacu keinginan siswa untuk belajar mandiri dan memiliki rasa ketagihan belajar. Pola belajar siswa diharapkan sudah terbentuk saat smp, sehingga ketika sma, siswa memiliki kesadaran penuh untuk belajar tanpa tertekan dengan hal bernama ujian. 

Tentu tidak semua anak akan langsung dapat beradaptasi dengan metode ini. Maka dari itu, pihak Al Hikmah Batu telah menyiapkan program matrikulasi selama 2 bulan sebagai kelas persiapan pembelajaran. Kelas matrikulasi sendiri berisi tentang pemahaman dasar tentang sains, sosial dan matematika.

minat bakat di smp boarding batu
Siswa Al Hikmah Boarding School sedang melakukan kegiantan ekstra beladiri

Minat Bakat di SMP Boarding Batu

Sementara itu di SMP Boarding Batu, untuk program bakat dan minat, guru BK sudah memfasilitasi siswa tes kepribadian dan pengarahan menuju bakat dan minat nya. Jadi, tidak perlu khawatir tentang pembelajaran non akademik, karena struktur pembelajaran di Al Hikmah memprioritaskan bagaimana siswa dapat membangun potensinya sendiri, baik dalam ranah akademik atau non akademik. 

Berfokus pada akademik dan kemandirian, program mastery learning diharapkan mampu membangun jiwa belajar siswa. Bila jiwa belajarnya sudah terbangun dengan baik, maka sebelum baligh, siswa akan memiliki kemauan sendiri untuk belajar. 

Belajar adalah kebutuhan sepanjang hayat, masa depanpun tidak dapat diprediksi karena sifatnya eksponsial. Dengan program mastery learning, selain membangun jiwa pembelajar, siswa juga akan mudah beradaptasi dengan cara belajar lain, karena dalam satu kelas ada banyak sekali cara belajar yang dilakukan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *