SMK Pesantren di Jawa Timur – SMK Darma Plus Tahfidz

SMK Pesantren di Jawa TimurSMK Pesantren di Jawa Timur tidak begitu banyak. Namun salah satu yang bisa menjadi destinasi pendidikan adalah SMK Darma Plus Tahfidz Quran di Lamongan. Kami, SekolahPesantren.id, merasa SMK ini memiliki beberapa hal unik yang patut dilihat.

SMK Darma Plus Tahfidz Quran merupakan sekolah pendidikan kejuruan, namun berbasis pesantren. Artinya sekolah ini menyiapkan santri yang siap menghadapi dunia pekerjaan sekaligus berakhlaq karimah.

Yang istimewa adalah tahfidz Quran. Siap kerja tapi juga menghafal Al Quran.

Profil SMK Darma Plus

SMK Darma Plus merupakan SMK Pesantren di Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Lamongan. Jika dari Surabaya, maka lebih dekat ke Tuban. Tepatnya di Solokuro. Berdiri pada tahun 2006, SMK ini tergolong cukup matang, sudah 13 tahun.

Ketika kami wawancarai, SMK Pesantren ini lebih kental kepesantrenannya. Hal ini terlihat dari pola pengelola yang memakai sistem ada kyai, daripada seorang direktur. Jika Anda masuk ke dalam wilayah sekolah, maka akan terlihat beberapa rumah kyai dan pengasuh.

“Kami ada kyai,” tutur Ust. Eko, kepala sekolah SMK Darma Plus.

Bangunannya cukup baik, dua lantai, melingkar, kalau Anda masuk merasa seperti di tengah stadion. Lahannya seluas 5.500 m2.

Namun bangunan tersebut bukan hanya untuk SMK, ada jenjang SD, MTS. Meskipun demikian, kami memang lebih merekomendasikan SMK yang dimilikinya. Karena aspek jurusan dan intensitas yang ada di dalamnya.

SMK Pesantren Programmer – Mekanik – Enterpreuner

SMK Pesantren ini yang menarik adalah jurusan yang disediakan. Jurusan teknik komputer dan jaringan. Yang dipelajari adalah hardware dan software. Proporsinya software 60%, sisanya hardware. Meskipun demikian justru di jurusan ini menjadi dasar menuju programmer.

Bahkan alumni SMK Darma Plus 2013 bernama Rizqi menjadi Programmer di PT. Pelindo III Surabaya. Artinya, pesantren ini sudah teruji untuk menghasilkan lulusan yang diserap dunia kerja.

Enam tahun sebelumnya, 2007, SMK Darma Plus ditunjuk oleh IBM menjadi wakil dalam seminar Teknologi dan Bisnis di Shanglira Surabaya.

Jurusan yang selanjutnya adalah mekanik, terutama sepeda motor. Kebutuhan di dunia ini memang cukup tinggi, apalagi pertumbuhan sepeda motor tidak pernah berhenti hingga sekarang. Ada kemungkin terserap langsung di dunia kerja, atau produsen otomotif.

Dua jurusan ini ditambah dengan jurusan kewirausahaan. Siswa di era millennial memang wajib memiliki kemampuan wirausaha yang mumpuni. Karena di SMK Pesantren ini ada jurusan komputer, maka secara otodidak bisa mempelajari internet marketing. Inilah yang menurut kami cukup layak menjadi tempat belajar.

Bahkan SMK ini sudah kerjasama dengan Mikrotik Akademi, Semen Gresik, Hitech Mall, Bengkel Resmi Honda Yamaha dan Suzuki.

SMK Plus Pesantren

SMK Darma Plus di bawah naungan Pondok Pesantren Darul Ma’arif yang berdiri pada Tahun 1940, didirikan Oleh KH. Abdurrohman Musthofa. Putra kedelapan KH. Musthofa Abdul Karim dari sepuluh bersaudara.

Kini SMK Darma Plus di bawah naungan generasi selanjutnya yaitu KH. Ahmad Rofie’, alumni Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Oleh sebab itu dalam aspek kepesantrenan, menurut kami SMK Darma sangat kental.

Maka ada kegiatan mengaji kitab kuning, ada kitab Jawahirul Kalamiyah (Aqidah), Sittina Mas’alah (Fiqh). Hal ini menjadi kelebihan yang tidak banyak ditemukan di SMK lainnya, umumnya pesantren pendidikan formalnya adalah aliyah. Maka kami pun menyebutnya SMK Pesantren di Jawa Timur.

SMK Pesantren Tahfidz Quran

Paling membuat daya tarik menurut kami adalah pada aspek tahfidz Quran di pesantren ini. Kyai di pesantren ini memang sosok hafidz, sehingga memiliki cita-cita luhur untuk menciptakan siswa SMK yang siap kerja, namun hafidz Quran.

Targetnya adalah, setiap tahun mencapai 10 juz Al Quran. Menurut kami ini target yang cukup realistis. Sehingga dalam tiga tahun mencapai 30 juz Al Quran. Tentu pencapaian ini tergantung motivasi siswa. Jika niatnya tulus, akan mudah dicapai. Namun setidaknya Anda bisa menghafal Quran dalam suasana yang dikondisikan.

Jika belum lancar membaca Al Quran, maka akan ada periode persiapan. Anda tidak bisa tiba-tiba langsung menghafal. Harus lulus membaca terlebih dahulu.

Apalagi rumah-rumah pengasuh pesantren berada di lantai satu, sedangkan asrama santri berada di lantai satu dan dua dari gedung pesantren, sehingga Anda akan merasa sangat dekat dengan pengasuh pesantren. Pendampingan tidak begitu sulit.

SMK Asrama Pesantren Murah

Yang unik adalah SMK pesantren ini biayanya sangat murah sekali. Padahal makan tiga kali. Mungkin karena di Lamongan biaya hidup murah. Untuk pendaftaran hanya Rp. 950.000. Biaya ini sudah termasuk dengan pendaftaran di SMK.

Jika dibandingkan dengan yang lain, tentu biaya ini di bawah standard, tapi kami melihat ilmu yang didapatkan justru lebih banyak. Tapi jangan berharap fasilitas ya, ini tempatnya ilmu. Jadi nanti bisa dilihat sendiri. Seperti layaknya pondok pesantren.

Adapun biaya bulanan sebesar Rp. 550.000. Biaya ini pun sudah termasuk makan 3 kali dan biaya pendidikan di SMK. Artinya SMK Pesantren ini cukup baik. Mungkin pihak pesantren berharap agar bisa menjangkau banyak lapisan masyarakat. Sehingga banyak sdm siap kerja penghafal Al Quran.

Cara Menghubungi SMK Darma Plus

Jika Anda ingin mendaftar, caranya cukup mudah, ke nomor 0856-0446-0517, ustadzah Eli. Bisa komunikasi via whatsapp, juga bisa telepon. Atau jika Anda ingin bertanya-tanya akan dilayani dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *