Uniknya Kurikulum Al Hikmah Boarding School Batu

Al Hikmah Boarding School adalah sekolah berasrama yang menginduk pada al Hikmah yang ada di Surabaya. Prestasinya sudah tidak perlu dipertanyakan, secara siswa sudah banyak yang juara nasional dan internasional, seperti mendapatkan Bronze Priza dalam kejuaraan Matematika tingkat Asia. Sekolahnya juga dikenal sebagai sekolah percontohan yang ditunjuk resmi oleh kemendikbud di periode 2016-2017, juga prestasi lainnya. Namun demikian apa sebenarnya perbedaan Boarding School Al Hikmah Batu dengan sekolah SMA yang ada di Surabaya.

Perbedaan pertama tentu saja dari sisi adanya asrama yang menjadikan kurikulum di Al Hikmah Boarding School berjalan selama 24 jam. Perbandingan ini pada akhirnya sangat krusial karena Guru berfungsi seperti teman, sekaligus pendamping dalam setiap mata pelajaran. Untuk mendukung ini rasio guru dalam informasi yang kami dapatkan adalah satu guru menangani lima siswa. Rasio ini menurut kami sangat bagus, dan ideal. Imbasnya bisa menghasilkan hasil yang optimal.

Kurikulum utama di al Hikmah Boarding School Batu sudah tentu pembinaan akhlaq. Al Hikmah dikenal sebagai sekolah yang mampu menanamkan akhlaq pada jiwa siswa. Hal ini diakui oleh kemendikbud, sehingga al hikmah menjadi satu-satunya sekolah di Jawa Timur yang masuk dalam buku Merajut Potensi Generasi Emas Nusantara keluaran Kemendikbud di tahun 2017. Bahkan kami menemukan ada buku khusus penanaman adab yang dibagikan kepada siswa dengan adanya mekanisme monitoring. Sehingga saya pernah ke al Hikmah, standar mereka sama, memanggil semua guru dan pegawai, dengan ustadz, dan lain sebagainya. Sehingga akhlaq menjadi rukun utama dalam kurikulum al Hikmah Boarding School.

Yang unik dari kurikulum Al Hikmah Boarding School Batu adalah kurikulum yang ingin menciptakan jiwa self educated learning. Yaitu jiwa pembelajar mandiri. Alasannya adalah, bahwa masa depan berarti sebuah perubahan. Perubahan itu mengakibatkan perubahan kebutuhan. Sehingga apa yang dihadirkan saat ini belum tentu yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu fokusnya adalah penanaman jiwa self educated learning. Bahasa Inggris dan Arab sudah menjadi pendukung wajib di sekolah ini.

Yang menarik dari kurikulum al Hikmah Boarding School adalah cara penerapan dan memulainya bagi setiap siswa. Ketika awal masuk proses wawancara sangat menentukan. Yang mewawancarai tidak hanya ahli akademik, tapi juga psikologi, dan tes sisi kemampuan dalam pengetahuan agama Islam, seperti hafalannya. Yang diharapkan dari sini adalah peta kemampuan siswa, atau peta potensi akademik dan non akademik.

Dari tes itulah nantinya muncul pengetahuan bahwa anak ini memiliki kemampuan di matematika biasa, namun di biologi luar biasa. Sehingga yang menjadi perhatian adalah aspek biologinya. Kemudian dites dari unsur minat dan bakatnya, sehingga mendapatkan kesatuan antara minat, bakat dan potensi terbaik. Dari kesimpulan inilah kemudian diambil langkah akan diarahkan ke mana anak ini. Kedokteran misalkan. Maka sedari awal sudah ada pembinaan intensif. Inilah menurut kami sisi uniknya al Hikmah Boarding School.

Ada faktor yang tidak kalah penting ketika wawancara adalah, adanya unsur orangtua yang ikut serta. Fungsinya bukan sebagai pengantar, atau juga yang menemani ketika wawancara. Tapi orangtua juga ikut diwawancarai untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama sekolah akan arah dan tujuan untuk anak itu. Jangan sampai selepas SMA masih bingung diarahkan ke mana. Justru sudah tahu akan menekuni bidang apa.

Sebenarnya pola seperti ini memang banyak positifnya, tapi juga ada unsur negatifnya bagi kurikulum al Hikmah Boarding School. Sekolah harus bisa menyediakan ruang-ruang belajar, baik dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Tapi kami melihat, dalam persoalan fasilitas pendidikan, al Hikmah memang sudah berbakat untuk menyiapkan segalanya dengan baik. Meskipun rencananya baru selesai Juni 2018, namun proyek besar perwujudan kurikulum al Hikmah Boarding School ini patut diacungi jempol.

Istilah sederhananya untuk kurikulum al Hikmah Boarding School adalah, jika SMA biasa memberikan banyak bumbu masakan, sehingga nantinya kebingungan mau diolah menjadi apa, di al Hikmah Boarding School yang diberikan adalah langsung masakannya. Anak ini cocoknya mengolah sop, maka fokus pada cara mengolah sop dengan bagus. Maka satu kamar pun hanya terisi empat sampai enam orang dengan dua kamar mandi di dalam. Bagi kami kurikulum al Hikmah Boarding School cukup unik dan patut ditunggu warnanya di kancah pendidikan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *